text-align: left;"> KAMPUNG MEDIA "JOMPA - MBOJO" KABUPATEN BIMA: Bansos Kemdikbud
Info

SELAMAT DATANG

Di Kabupaten Bima, Komunitas Kampung Media pertama yang dibentuk yakni, JOMPA MBOJO. Pasca dikukuhkan di Kantor Camat Woha pada tahun 2009, Kampung Media JOMPA MBOJO secara langsung membangun komunikasi dengan DISHUBKOMINFO Kab. Bima. Pada Jambore Kampung Media NTB (15/9/2012), JOMPA MBOJO mendapatkan penghargaan pada kategori “The Best Promotor”, yang merupakan penilaian tentang peran serta Pemerintah Daerah dalam menunjang segala kegiatan Komunitas Kampung Media, dan juga dinobatkan sebagai DUTA INFORMASI.

Sekilas Tentang Admin

Bambang Bimawan, tapi biasa dipanggil Bimbim.

Wednesday, 13 March 2013

Bansos Kemdikbud



Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal pada tahun 2013 ini kembali meluncurkan program bantuan sosial.

Seperti yang dikutip di website http://www.paudni.kemdikbud.go.id/kursus/index.php  Program yang diluncurkan yaitu Pendidikan Kecakapan Hidup (PKH), yang merupakan upaya nyata untuk mendidik dan melatih warga masyarakat agar menguasai bidang-bidang keterampilan tertentu sesuai dengan kebutuhan, bakat-minat, dan peluang kerja/usaha mandiri yang dapat dimanfaatkan untuk bekerja baik di sektor formal maupun informal sesuai dengan peluang kerja (job opportunities) atau usaha mandiri.

Pendidikan Kewirausahaan Masyarakat (PKM) yang bertujuan untuk memberikan bekal pendidikan kewirausahaan yang bermutu dan relevan dengan kebutuhan masyarakat. Capaian program PKM yang telah dilaksanakan tahun 2011 sebanyak 12.255 peserta, tahun 2012 sebanyak 11.906 peserta, dan pada tahun 2013 akan diberikan kepada 11.000 peserta didik.

Selain program PKM dan PKH tersebut, diadakan pula program Bansos Desa Vokasi. Misi dan tujuan dari Program Desa Vokasi adalah mengentaskan kemiskinan, menekan angka pengangguran dan tingkat urbanisasi dengan memberikan pendidikan keterampilan kepada masyarakat di suatu desa dengan memanfaatkan keunggulan komparatif dan keunggulan kompetitif dari sumber daya dan potensi suatu desa berbasis kearifan lokal.

Program ini adalah untuk memberikan bekal keterampilan kepada masyarakat desa untuk menciptakan wirausaha baru, menghasilkan produk barang dan/atau jasa yang kreatif dan inovatif sehingga meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayah tersebut dalam rangka mengurangi kemiskinan di Indonesia.

Petunjuk tekhnis serta format proposal yang akan diajukan dapat diunduh di http://www.infokursus.net/unduh.php (Bim)

No comments:

Post a Comment