text-align: left;"> KAMPUNG MEDIA "JOMPA - MBOJO" KABUPATEN BIMA: Siswa SMPN 1 Monta, Finalis LPIR Nasional
Info

SELAMAT DATANG

Di Kabupaten Bima, Komunitas Kampung Media pertama yang dibentuk yakni, JOMPA MBOJO. Pasca dikukuhkan di Kantor Camat Woha pada tahun 2009, Kampung Media JOMPA MBOJO secara langsung membangun komunikasi dengan DISHUBKOMINFO Kab. Bima. Pada Jambore Kampung Media NTB (15/9/2012), JOMPA MBOJO mendapatkan penghargaan pada kategori “The Best Promotor”, yang merupakan penilaian tentang peran serta Pemerintah Daerah dalam menunjang segala kegiatan Komunitas Kampung Media, dan juga dinobatkan sebagai DUTA INFORMASI.

Sekilas Tentang Admin

Bambang Bimawan, tapi biasa dipanggil Bimbim.

Thursday, 24 June 2010

Siswa SMPN 1 Monta, Finalis LPIR Nasional

Tahun 2010 ini, dua siswa terbaik SMPN 1 Monta yakni Indiarti Widyaningsih siswa kelahiran Sakuru-Monta dan M. Ainul Rizky kelahiran Monta berhasil kembali mengukir prestasi membanggakan di ajang nasional. Keduanya lolos sebagai Finalis Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR) pada event PIRNas IX – LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) tahun 2010 yang akan dilaksanakan di Provinsi Bangka Belitung tanggal 29 Juni sampai 4 Juli 2010.
Kepala Biro Kerjasama dan Pemasyarakatan Iptek LIPI, DR. Deddy Setiapermana selaku Ketua Panitia menyatakan, momen LPIR – PIRNas (Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional) merupakan ajang untuk meningkatkan potensi remaja dalam kemandirian di bidang penelitian ilmiah, konservasi, dan ecotourism serta untuk terjalinnya jaringan Forum Komunikasi Kelompok Ilmiah Remaja (FKKIR) di Indonesia.

H. Muhamad Iqbal, S.Pd., M.Pd yang juga Kepala SMPN 1 Monta, selaku membimbing guru dan siswa dalam Karya Ilmiah (LKG/LPIR) di sekolah yang dipimpinnya menyatakan, kedua siswa merupakan dua peneliti cilik yang masing-masing berkonsentrasi di bidang Sains dan Teknologi Rekayasa, dan hasil riset mereka akan dikembangkan dan dipresentasikan di depan para Juri lomba.
“Tahun ini mengangkat tema sentral, penguasaan Iptek (diantaranya bidang IT) dan pembangunan berkelanjutan berwawasan lingkungan (Global Warming Issue)”, ujarnya.
Menurut Iqbal, ajang lomba ini sangat bergengsi, karena selain digelar oleh LIPI-TVRI yang diikuti oleh 33 provinsi di Indonesia, juga hadir finalis dari negara Jiran-Malaysia. Para finalis akan mengembangkan draft risetnya di bawah bimbingan para pakar LIPI dan hasilnya dipresentasikan di depan Juri. “Mereka akan berkompetisi dengan finalis dari daerah lain untuk meraih predikat sebagai peneliti terbaik (pemenang)”, ungkapnya.
Lanjut Iqbal, untuk mewujudkan hal tersebut, perlu didesain sejak dini pola pembinaan yang intensif dan terprogram bagi para remaja/ siswa di sekolah dalam wadah Kelompok Ilmiah Remaja (KIR).
Kata wahab, sosok Iqbal yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Bima, khususnya di lingkungan Dinas Dikpora atas kepiwaiannya telah menoreh berbagai prestasi/Juara Nasional sebanyak 15 kali, menjadi Guru dan Kepala Sekolah Berprestasi Tingkat Nasional, dan sukses membimbing siswa menjadi juara LPIR/LKIR tingkat nasional sebanyak 18 kali. “Kembali tahun 2010 ini menjadi peserta finalis LKG pada PIRNas IX LIPI kelompok SMP bidang MIPA”, aku Wahab.
Tidak heran, kalau dalam 3 (tiga) tahun terakhir ini, siswa SMPN 1 Monta binaannya berhasil mendulang prestasi tingkat nasional. Tahun 2007 (3 siswa) meraih Juara 3 bidang Sains, Juara 3 bidang IPSK, dan Juara 3 bidang Teknologi Rekayasa, tahun 2009 (4 siswa) meraih Juara 1 dan 3 bidang Sains, Juara 3 bidang IPSK, dan Juara 3 bidang Teknologi Rekayasa, serta pada tahun 2010 (2 siswa) menjadi finalis. (JOE)

No comments:

Post a Comment