text-align: left;"> KAMPUNG MEDIA "JOMPA - MBOJO" KABUPATEN BIMA: UPT Dinas Dikpora Monta Helat Malam Seni Budaya UPT Dinas Dikpora Monta Helat Malam Seni Budaya
Info

SELAMAT DATANG

Di Kabupaten Bima, Komunitas Kampung Media pertama yang dibentuk yakni, JOMPA MBOJO. Pasca dikukuhkan di Kantor Camat Woha pada tahun 2009, Kampung Media JOMPA MBOJO secara langsung membangun komunikasi dengan DISHUBKOMINFO Kab. Bima. Pada Jambore Kampung Media NTB (15/9/2012), JOMPA MBOJO mendapatkan penghargaan pada kategori “The Best Promotor”, yang merupakan penilaian tentang peran serta Pemerintah Daerah dalam menunjang segala kegiatan Komunitas Kampung Media, dan juga dinobatkan sebagai DUTA INFORMASI.

Sekilas Tentang Admin

Bambang Bimawan, tapi biasa dipanggil Bimbim.

Thursday 21 July 2011

UPT Dinas Dikpora Monta Helat Malam Seni Budaya UPT Dinas Dikpora Monta Helat Malam Seni Budaya

Camat Monta, Drs Nurdin
Camat Monta, Drs Nurdin, membuka Malam Apresiasi Seni dan Budaya tingkat Kecamatan Monta di langsungkan di halaman kantor camat setempat, baru-baru ini. Pagelaran musik dan tari tradisional itu disambut penuh kegembiraan warga. Warga Monta halaman kantor camat, melihat langsung berbagai jenis kesenian asli Mbojo yang diperagakan. Selama dua malam, berbagai bentuk kesenian asli Mbojo yang nyaris punah, ditampilkan kembali. “Inilah kesempatan bagi kita generasi muda yang tertinggal oleh kesenian dan budaya Mbojo sebagai warisan leluhur untuk menyaksikan kembali,” ujar Nurdin.
Selanjutnya, kata Nurdin, dengan adanya pagelaran seni budaya Mbojo diharapkan untuk kedepan dapat diteruskan bila perlu dijadikan agenda tahunan. Pagelaran music dan seni serta budaya Mbojo harus di lakukan pagelaran setiap tahun untuk memperingati HUT Kabupaten Bima dan HUT Proklamasi RI. Oleh karena itu, dukungan masyarakat mutlak diperlukan.
Bentuk dukunganya harus mampu terselenggaranya tanpa ada gangguan, “pagelaran ini harus dijadikan sebagai ajang silaturahmi, antar masyarakat Monta. Saya selaku pimpinan wilayah menyampaikan ucapan terima kasih atas inisiatif kepala UPT Dikpora Monta yang telah membangun dan menyelenggarakan ajang ini,” ucapnya.
Sedangkan Kepala UPT Dikpora Monta, Sirajudin HY, S.Pd selaku ketua penyelenggara mengatakan kegiatan pagelaran apresiasi seni dan budaya Bima terselenggara untuk memperingati HUT jadi Kabupaten Bima ke 371 dan RI ke 66. Agenda itu bertemakan dengan semangat HUT Kabupaten Bima ke 371 dan HUT RI ke 66 2011 mari kita pertahankan budaya Mbojo sesuai dengan aslinya.

Pagelaran itu di ikuti V gugus yakni gugus I dari Desa Baralau, meliputi Desa Simpasai dan Pela. “Ketiga gugus itu tampil pada malam pertama, sedangkan malam kedua yang tampil adalah peserta dari gugus empat dan lima,” terang bang Sadam seraya menyebutkan gugus IV meliputi Wilamaci, Tangga Baru dan Sondo sedangkan gugus V adalah Desa Tolo Tangga dan Tolo Uwi.
Katanya, pada malam pertama digelar kesenian tradisional Karenku Kandei, tarian anak Fare Pidu, tari Lopi Penge, ada juga cerita rakyat (Mpama. Red), hadrah atau jikir serta Da’I cilik. “sambutan luar biasa oleh masyarakat, tak di sangka pagelaran ini sangat direspon oleh masyarakat. Karena saya melihat dari tingkat kehadirannya sangat ramai,” ujar Sirajudin.
Lanjutnya, pada malam ke dua atau malam terakhir di tampilkan Kalero Diha, da’I cilik dan tarian. Juga ada Kolaborasi kesenian tradisional dengan music Bima. Ada juga penampilan wanita berrimpu (Cadar. Red). Seluruh peserta yang ambil bagian merupakan pelajar dan guru dari lingkup Dikpora Kecamatan Monta. (Bim)

No comments:

Post a Comment