text-align: left;"> KAMPUNG MEDIA "JOMPA - MBOJO" KABUPATEN BIMA: Dana Bedah Rumah Untuk Kecamatan Belo Mulai Di Cairkan
Info

SELAMAT DATANG

Di Kabupaten Bima, Komunitas Kampung Media pertama yang dibentuk yakni, JOMPA MBOJO. Pasca dikukuhkan di Kantor Camat Woha pada tahun 2009, Kampung Media JOMPA MBOJO secara langsung membangun komunikasi dengan DISHUBKOMINFO Kab. Bima. Pada Jambore Kampung Media NTB (15/9/2012), JOMPA MBOJO mendapatkan penghargaan pada kategori “The Best Promotor”, yang merupakan penilaian tentang peran serta Pemerintah Daerah dalam menunjang segala kegiatan Komunitas Kampung Media, dan juga dinobatkan sebagai DUTA INFORMASI.

Sekilas Tentang Admin

Bambang Bimawan, tapi biasa dipanggil Bimbim.

Friday 16 December 2011

Dana Bedah Rumah Untuk Kecamatan Belo Mulai Di Cairkan


Dana Program Stimulan Perumahan Swadaya Peningkatan Kualitas (PK) APBN-P 2011 untuk Kecamatan Belo, Woha dan Palibelo, hari Kamis (15/12) mulai  di serahkan untuk tahap Pertama.

Penanggungjawab program Edi Tarunawan, SH mengatakan bahwa penyerahan dana stimulant untuk rumah yang tak layak huni, sudah mulai di serahkan dan sesegera mungkin di belanjakan untuk kebutuhan rumah. Di Kecamatan Belo ada dua Desa Yakni Runggu dan Roka dengan rincian untuk Runggu ada 30 unit rumah dan Roka sebanyak 20 unit. Satu unit rumah, akan dianggarkan sebesar Rp 5 Juta. Dana sebesar  itu akan di kucurkan dalam dua tahap, tahap pertama sebesar Rp 2,5 juta. Sedangkan tahap ke dua akan di berikan apabila pemanfaatan dana tahap pertama sudah selesai. “Untuk kecamatan Belo hanya ada dua desa, yakni Runggu dan Roka. Untuk itu dana yang diserahkan sekarang agar di gunakan untuk membeli kebutuhan rumah. Saya tidak ingin ada warga yang dapat bantuan sekarang menggunakan uang untuk keperluan lain, kalau ada dan di temukan maka saya akan tarik dan serahkan kepada orang lain,” terang Edi Tarunawan di balai Desa Runggu.


Lanjutnya, dari 168 Desa yang ada di Kabupaten Bima hanya 15 Desa yang mendapatkan dana Stimulan ini. Dari 15 desa itu tersebar di Kecamatan Belo, Woha, Palibelo, Monta, Wera dan Sape serta Madapangga. “Program ini, untuk pertama kali di Bima. Kalau baik hasilnya maka tahun depan akan lebih banyak lagi yang dapat,” ingat Edi.

Pada tahap pertama sekarang, ada 500 unit rumah yang ada di 15 desa. Sedangkan tahun depan akan membengkak menjadi 3000 unit, itu bisa didapat asal pelaksanaan sekarang berjalan baik dan hasilnya sudah tentu memuaskan.

Selain itu, Edi banyak berharap kepada aparat desa agar dapat membantu bahkan menggiring warga yang ada di desa untuk membantu warga yang mendapatkan kucuran dana itu secara bergotong royong. Pasalnya dengan dana yang ada yakni Rp 5 Juta merupakan dana rangsangan untuk membangkitkan kembali semangat kekeluargaan masyarakat Mbojo, kades bersama aparat harus bekerjasama untuk mensukseskan program itu. “saya titip program ini kepada kades dan aparatnya, agar pelaksanaanya bisa sukses,” pesan Edi. (Orys)

No comments:

Post a Comment