text-align: left;"> KAMPUNG MEDIA "JOMPA - MBOJO" KABUPATEN BIMA: Internet Bagai Pisau Bermata Dua
Info

SELAMAT DATANG

Di Kabupaten Bima, Komunitas Kampung Media pertama yang dibentuk yakni, JOMPA MBOJO. Pasca dikukuhkan di Kantor Camat Woha pada tahun 2009, Kampung Media JOMPA MBOJO secara langsung membangun komunikasi dengan DISHUBKOMINFO Kab. Bima. Pada Jambore Kampung Media NTB (15/9/2012), JOMPA MBOJO mendapatkan penghargaan pada kategori “The Best Promotor”, yang merupakan penilaian tentang peran serta Pemerintah Daerah dalam menunjang segala kegiatan Komunitas Kampung Media, dan juga dinobatkan sebagai DUTA INFORMASI.

Sekilas Tentang Admin

Bambang Bimawan, tapi biasa dipanggil Bimbim.

Thursday, 26 April 2012

Internet Bagai Pisau Bermata Dua


Wakil Bupati Bima
Wakil Bupati Bima Drs. H. Syafrudin HM.Nur M.Pd pada kegiatan bimbingan teknis Internet sehat dan aman, di Aula SMAN 1 Belo baru-baru ini mengatakan, perkembangan internet sangat pesat, di satu sisi memang sangat menggembirakan, namun di sisi lain hal ini dapat mengancam tatanan sosial dan sendi moral para pelajar, karena Internet bagaikan pisau bermata dua.
Kata dia, di satu sisi media ini memiliki manfaat positif bagi peningkatan pengetahuan dan wawasan, namun di sisi lain juga memiliki dampak negatif yang mengancam masa depan generasi muda bila tidak diantisipasi dengan bijak.

Wabup yang hadir bersama Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Bima, Drs. A.Zubair HAR M.Si, mengungkapkan, melalui Bimtek ini ke depan diharapkan para siswa dapat mencari informasi seluas – luasnya  melalui internet. Kepada 100 pelajar dari berbagai sekolah di 3 kecamatan yang mengikuti bimbingan teknis tersebut, Wabup berharap agar informasi yang diperoleh tidak disalahgunakan untuk hal yang merugikan diri sendiri. “Manfaatkanlah hal – hal yang positif demi kemajuan dan meningkatkan wawasan khususnya dalam proses belajar-mengajar, pinta Wabup.
Untuk mewujudkan internet sehat di sekolah, menurut H. Syafrudin, bukan hanya ditekankan kepada siswa tetapi juga penting untuk para guru. Dengan pemahaman menyeluruh terhadap internet ini, para guru akan dapat mengarahkan, membimbing dan merangsang siswa agar memanfaatkan internet secara positif dan sehat.
Interaksi guru dan anak didik dalam pemanfatan internet secara sehat antara lain dengan memanfaatkan jejaring sosial untuk berdiskusi dan membahas pelajaran dengan membuat grup, membekali guru dengan keterampilan menulis serta merangsang kreatifitas dan inovasi positif siswa dalam pemanfaatan internet. TIM

1 comment: