text-align: left;"> KAMPUNG MEDIA "JOMPA - MBOJO" KABUPATEN BIMA: Kampung Media akan Bangun Kemitraan dengan Panwaslu
Info

SELAMAT DATANG

Di Kabupaten Bima, Komunitas Kampung Media pertama yang dibentuk yakni, JOMPA MBOJO. Pasca dikukuhkan di Kantor Camat Woha pada tahun 2009, Kampung Media JOMPA MBOJO secara langsung membangun komunikasi dengan DISHUBKOMINFO Kab. Bima. Pada Jambore Kampung Media NTB (15/9/2012), JOMPA MBOJO mendapatkan penghargaan pada kategori “The Best Promotor”, yang merupakan penilaian tentang peran serta Pemerintah Daerah dalam menunjang segala kegiatan Komunitas Kampung Media, dan juga dinobatkan sebagai DUTA INFORMASI.

Sekilas Tentang Admin

Bambang Bimawan, tapi biasa dipanggil Bimbim.

Wednesday, 12 December 2012

Kampung Media akan Bangun Kemitraan dengan Panwaslu


Guna mewujudkan Pemilihan Umum (Pemilu) yang langsung, umum, bebas, jujur dan adil, Kampung Media yang tersebar di lima kecamatan di Kabupaten Bima akan membangun kemitraan dengan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Bima.

Junaidin, anggota Panwaslu Kabupaten Bima, mengatakan, mengingat terbatasnya personil Panwas di tingkat Kabupaten maupun kecamatan, penyelenggara yang mengawasi tahapan pelaksanaan pemilu ini patut membangun kemitraan dengan berbagai pihak, dalam melaksanakan tugas kepengawasan. “Anggota Panwas di Kabupaten/Kota hanya terdiri dari 3 (tiga) orang. Jadi perlu keterlibatan komponen masyarakat untuk mengawasi tahapan pelaksanaan pemilu,” urainya.

Saat ini, jelas Joe, sapaan akrabnya, pihaknya tengah mengawasi tahapan verifikasi faktual terhadap Partai Politik peserta pemilu. Bahkan, tugas pengawasan ini bertambah seiring lahirnya keputusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) yang meloloskan 18 Parpol yang sebelumnya dianggap gugur oleh KPU.

Selain mengawasi verifikasi factual, pihaknya juga tengah bersiap diri untuk melakukan pengawasan atas tahapan Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur NTB Tahun 2013. Tahapan tersebut terutama pada publikasi kegiatan Panwaslu. Saat ini, kami (Panwaslu, red) sedang melaksanakan perekrutan calon anggota Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Bima, dan diharapkan peran serta Komunitas Kampung Media yang telah ada ini untuk bekerja bersama kami mensosialisasikannya,” papar Joe.

Sementara, Bambang Bimawan, Ketua Komunitas Kampung Media “Jompa Mbojo” menyatakan kesiapannya untuk mendukung segala kegiatan Panwaslu Kabupaten Bima yang berkaitan dengan media maupun sosialisasi ke masyarakat luas. “Kami akan menggunakan media sebagai sarana untuk menunjang kegiatan itu, seperti membuat pengumuman tentang perekrutan calon anggota panwaslu kecamatan. Ungkap Bambang”

Selain itu, kami juga akan membantu Panwaslu Kabupaten Bima, untuk memberikan aduan dan laporan, jika ditemui hal-hal yang janggal, baik menyangkut pendataan daftar pemilih, maupun hal lain yang menyoal tahapan pelaksanaan pemilu. “Insya allah, kemitraan ini akan terjalin dengan baik jika dua komponen ini saling mendukung,” ucapnya. (Bim)

1 comment: