text-align: left;"> KAMPUNG MEDIA "JOMPA - MBOJO" KABUPATEN BIMA: DAM Penda Jebol, Petani Urung Cocok Tanam
Info

SELAMAT DATANG

Di Kabupaten Bima, Komunitas Kampung Media pertama yang dibentuk yakni, JOMPA MBOJO. Pasca dikukuhkan di Kantor Camat Woha pada tahun 2009, Kampung Media JOMPA MBOJO secara langsung membangun komunikasi dengan DISHUBKOMINFO Kab. Bima. Pada Jambore Kampung Media NTB (15/9/2012), JOMPA MBOJO mendapatkan penghargaan pada kategori “The Best Promotor”, yang merupakan penilaian tentang peran serta Pemerintah Daerah dalam menunjang segala kegiatan Komunitas Kampung Media, dan juga dinobatkan sebagai DUTA INFORMASI.

Sekilas Tentang Admin

Bambang Bimawan, tapi biasa dipanggil Bimbim.

Thursday, 7 February 2013

DAM Penda Jebol, Petani Urung Cocok Tanam



Dam Penda, salah satu Dam di wilayah Desa Tolowata Kecamatan Ambalawi, selain Dam Lumba (Permanen), Dam Tolomango (Primitif), Dam Sori Tera (Primitif) dan Dam Sori Tengge (Primitif). Setiap tahun Dam Penda selalu jebol akibat terjangan banjir bahkan bisa dua sampai tiga kali dalam setahun karena lokasinya yang membentang rata dengan lokasi persawahan masyarakat.

Tahun ini, Dam Penda kembali jebol dan mengakibatkan masyarakat menunda melakukan penanaman (MT I). Sesuai hasil kesepakatan seluruh pemilik dan penggarap lahan di So Penda yang memang sebagian besar merupakan tanah ex. jaminan (tanah pemda) mereka mengumpulkan uang sebesar Rp2.000/are untuk menyewa excavator. Semangat kebersamaan dan gotong royong itu terlihat ketika memulai membersihkan parit, mengambil ranting kayu untuk memperkuat dam (sasa, red).

Dengan semangat kebersamaan dan gotong royong masyarakat memperbaiki dam sehari penuh membuahkan hasil sebelum jam 5 sore, air yang kering (kanan) sebelum dilakukan pengerukan mulai kembali normal (kiri). "Mudahan tahun ini ada bantuan dari pemerintah berupa kawat bronjong untuk memperkuat dam yang kami perbaiki dengan ranting kayu (sasa, red)", harap H. Wahid salah satu ketua kelompok tani so penda.

Iswahyudin, SH Kepala Desa Tolowata yang selalu bersama masyarakat sejak pagi sampai sore mengamini dan akan menindaklanjuti sehingga berjanji akan merealisasikan sebelum pemilihan Kepala Desa Tolowata periode 2013-2019 bulan Juni 2013. [Ompu]

No comments:

Post a Comment