text-align: left;"> KAMPUNG MEDIA "JOMPA - MBOJO" KABUPATEN BIMA: Pedagang Kaki Lima Masuki Area Terminal
Info

SELAMAT DATANG

Di Kabupaten Bima, Komunitas Kampung Media pertama yang dibentuk yakni, JOMPA MBOJO. Pasca dikukuhkan di Kantor Camat Woha pada tahun 2009, Kampung Media JOMPA MBOJO secara langsung membangun komunikasi dengan DISHUBKOMINFO Kab. Bima. Pada Jambore Kampung Media NTB (15/9/2012), JOMPA MBOJO mendapatkan penghargaan pada kategori “The Best Promotor”, yang merupakan penilaian tentang peran serta Pemerintah Daerah dalam menunjang segala kegiatan Komunitas Kampung Media, dan juga dinobatkan sebagai DUTA INFORMASI.

Sekilas Tentang Admin

Bambang Bimawan, tapi biasa dipanggil Bimbim.

Wednesday, 31 July 2013

Pedagang Kaki Lima Masuki Area Terminal



Ilustrasi
Berupaya mendapat Omzet tambahan pada bulan Suci Ramadhan, para pedagang rela membangun tenda alakadar dalam terminal Tente Kecamatan Woha. Hal tersebut dilakukan pedagang, mengingat keramaian terminal akhir-akhir ini meningkat.

Beraneka kebutuhan masyarakat, dipajang di teriminal seperti pakaian, sandal-sepatu dan asesoris lainnya. Pedagang ikanpun tidak ketinggalan memanfaatkan area terminal untuk dijadikan lahan jualan.

Pantauan Jompa Mbojo, dari deretan tenda terdengar teriakan obral barang. Fenomena tersebut menggambarkan bahwa terminal bukan saja diisi oleh penumpang Bis, namun juga oleh penjual dan pengunjung yang hendak berbelanja. Selain itu pedagang ikan dan sayur mayur juga terlihat ramai. Mereka rela membayar pajak demi mendapatkan lahan untuk jualan.

Yati, salah seorang pedagang yang dikonfirmasi, mengaku terpaksa membangun tenda di terminal, karena momen ramadhan sangat ramai. “Barang-barang kami sangat laku ketika jualan di terminal.”cetusnya. Mengingat pemerintah akan merehab pasar Tente, tentu tidak ada tempat yang mereka pilih sebagai lokasi penjualan selain Terminal, meski harus membayar retribusi dua kali lipat. “Saat ini penghasilan kami mencapai jutaan perhari. Kalau ari-hari biasa kami hanya dapat ratusan ribu rupiah.

Sementara kepala terminal, Suaeb S, Sos yang dimintai tanggapan, mengaku sudah melakukan upaya pencegahan terhadap pedagang kaki lima untuk membangun tenda dalam terminal. Namun pedagang tetap melakukannya. Bahkan pihak terminal mendapatkan perlawanan dari pedagang jika terus melarang. Malahan, pedagang meminta momen lebaran ini tidak diganggu. [Mus]

No comments:

Post a Comment