text-align: left;"> KAMPUNG MEDIA "JOMPA - MBOJO" KABUPATEN BIMA: Aktifitas Petani Padi Mulai Nampak Menggeliat
Info

SELAMAT DATANG

Di Kabupaten Bima, Komunitas Kampung Media pertama yang dibentuk yakni, JOMPA MBOJO. Pasca dikukuhkan di Kantor Camat Woha pada tahun 2009, Kampung Media JOMPA MBOJO secara langsung membangun komunikasi dengan DISHUBKOMINFO Kab. Bima. Pada Jambore Kampung Media NTB (15/9/2012), JOMPA MBOJO mendapatkan penghargaan pada kategori “The Best Promotor”, yang merupakan penilaian tentang peran serta Pemerintah Daerah dalam menunjang segala kegiatan Komunitas Kampung Media, dan juga dinobatkan sebagai DUTA INFORMASI.

Sekilas Tentang Admin

Bambang Bimawan, tapi biasa dipanggil Bimbim.

Thursday 28 November 2013

Aktifitas Petani Padi Mulai Nampak Menggeliat



para petani di So Paninta ketika berpose di atas lahan Sanusi

Meski baru terbilang awal musim tapi aktivitas petani padi sudah mulai nampak bergeliat di beberapa areal persawahan wilayah kecamatan woha. Mobil bajak sudah mulai melintas di jalan-jalan. Ambil contoh areal persawahan So Paninta. Lahan pertanian yang terhampar luas di antara Desa Keli dan Desa Waduwani Kecamatan Woha ini mulai terlihat dibajak kembali di sana sini oleh para pemiliknya. Sebelumnya sebagian besar lahan dibiarkan rehat beberapa bulan.


Ada yang baru sekedar memperbaiki pematang, banyak juga yang sudah membajak, sebagian sedang menggaru, sebagian lainnya lagi sedang mencangkul untuk menggeburkan tanahnya, dan ada juga sebagian kecilnya yang sedang mengatur petakan persemaian benih. “Rata-rata petani baru mulai membajak, sekarang ini saya lagi membrsihkan akar-akaran rumput dan sisa-sisa jerami. Sudah dua hari saya bajak dulu, tunggu hujan lagi baru ke tahap selanjutnya” aku Sanusi Yusuf.

Petani yang berasal dari Desa Naru ini menyatakan, bagi sawahnya intensitas hujan sejauh ini belum memenuhi syarat untuk persemaian benih. “memang ada petani yang sudah menyiapkan persemaian, tapi mereka itu dekat dengan irigasi jadi tidak khawatir. Kita yang jauh dari irigasi hanya mengandalkan hujan. Tapi ini kan baru awal musim hujan” lanjutnya. Sanusi memprediksi Bulan Desember nanti intensitas hujan akan lebih meningkat dan saat itu baru akan dimulai dengan persiapan benih. [Bim]

No comments:

Post a Comment