text-align: left;"> KAMPUNG MEDIA "JOMPA - MBOJO" KABUPATEN BIMA: STKIP Tamsis Siap Jadi Mitra KPU
Info

SELAMAT DATANG

Di Kabupaten Bima, Komunitas Kampung Media pertama yang dibentuk yakni, JOMPA MBOJO. Pasca dikukuhkan di Kantor Camat Woha pada tahun 2009, Kampung Media JOMPA MBOJO secara langsung membangun komunikasi dengan DISHUBKOMINFO Kab. Bima. Pada Jambore Kampung Media NTB (15/9/2012), JOMPA MBOJO mendapatkan penghargaan pada kategori “The Best Promotor”, yang merupakan penilaian tentang peran serta Pemerintah Daerah dalam menunjang segala kegiatan Komunitas Kampung Media, dan juga dinobatkan sebagai DUTA INFORMASI.

Sekilas Tentang Admin

Bambang Bimawan, tapi biasa dipanggil Bimbim.

Wednesday 12 March 2014

STKIP Tamsis Siap Jadi Mitra KPU

Center for Election and Political Party (CEPP) STKIP Taman Siswa Bima siap berkolaborasi dengan penyelenggara Pemilu, menyukseskan hajat besar pesta demokrasi.
Direktur CEPP STKIP Taman Siswa Bima, Dr Ibnu Khaldun MSi mengatakan, kampus setempat siap menjadi mitra KPU. Sebelum adanya wacana KPU dan Bawaslu mewujudkan relawan Pemilu, kampus setempat sudah menyatukan kekuatan untuk mendorong terwujudnya pemilih cerdas.

Selain mahasiswa, lembaga CEPP setempat berkomitmen untuk terus mendorong partisipasi kelompok pemilih pemula yang cerdas (rock the vote).  “Kami terus mengembangkan rock the vote di 44 Perguruan Tinggi di Indonesia, guna meningkatkan angka partisipasi pemilih,” ujar Ibnu Khaldum. 


Lembaga yang berskala nasional ini hampir membuat momerandum of understanding (MoU) dengan Bawaslu pusat. Meski gagal, namun nota kesepahaman itu sudah terwujud melalui Forum Rektor Peguruan Tinggi seluruh Indonesia. Bahkan MoU tersebut tidak hanya dengan Bawaslu, tapi juga dengan KPU. “Sampai saat ini kita masih menungggu berapa anggotanya dan kapan akan dimulai,” paparnya, kemarin. 

Menurut Ibnu, langkah melibatkan berbagai elemen untuk meningkatkan kualitas demokrasi sangat bagus. Untuk itu, sejumlah mahasiswa setempat yang tergabung dalam kelompok rock the vote bisa dilibatkan. Tujuannya, agar bisa memantau proses rekapitulasi surat suara. “Hal ini masih dalam proses kajian. Kami yakin, sejumlah mahasiswa akan bisa dilibatkan,” katanya.  

Diakui, selama ini lembaga CEPP STKIP Tamana Siswa Bima terus berupaya mendorong pemahaman politik kepada mahasiswa. Bentuknya melalui pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan  penyisipan materi saat proses kuliah.  “Politik yang mengatur seluruh kehidupaan masyarakat, DPRD itu yang akan merumuskan aturan. Jadi pemahaman politik masyarakat dan mahasiswa harus lebih baik,” pungkasnya. [Bim]

No comments:

Post a Comment