text-align: left;"> KAMPUNG MEDIA "JOMPA - MBOJO" KABUPATEN BIMA: Bupati H. Syafrudin: Terima Kasih Masyarakat Monta
Info

SELAMAT DATANG

Di Kabupaten Bima, Komunitas Kampung Media pertama yang dibentuk yakni, JOMPA MBOJO. Pasca dikukuhkan di Kantor Camat Woha pada tahun 2009, Kampung Media JOMPA MBOJO secara langsung membangun komunikasi dengan DISHUBKOMINFO Kab. Bima. Pada Jambore Kampung Media NTB (15/9/2012), JOMPA MBOJO mendapatkan penghargaan pada kategori “The Best Promotor”, yang merupakan penilaian tentang peran serta Pemerintah Daerah dalam menunjang segala kegiatan Komunitas Kampung Media, dan juga dinobatkan sebagai DUTA INFORMASI.

Sekilas Tentang Admin

Bambang Bimawan, tapi biasa dipanggil Bimbim.

Tuesday, 6 January 2015

Bupati H. Syafrudin: Terima Kasih Masyarakat Monta

Pelaksanaan Safari Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XI tingkat Kabupaten Bima hampir menyelesaikan seluruh kecamatan yang ada. Rabu (31/12) Kecamatan Monta merupakan wilayah ke-17 yang menjadi lokasi safari BBGRM dan sesuai rencana, BBGRM akan berakhir di kecamatan Parado. Sambutan hangat warga dan tingginya partisipasi warga kecamatan Monta mendapat apresiasi Bupati Bima.

Bupati mengawali kegiatan safari BBGRM di desa Baralau dengan meninjau kantor desa dan dilanjutkan pembersihan saluran air di sepanjang desa setempat. Dari desa Baralau, Bupati bersama rombongan menuju desa Sakuru. Di desa tersebut selain mengajak warga masyarakat desa melaksanakan kegiatan gotong royong, Bupati juga meninjau DAM yang mengalami kerusakan dan membutuhkan perhatian pemerintah agar infrastruktur irigasi tersebut dapat kembali berfungsi. 

Setelah melakukan serangkaian kegiatan kebersihan parit, peninjauan infrastruktur sekolah dan tempat ibadah di Desa Baralau, Sakuru, Tangga, Sie, Bupati Bima dan rombongan kemudian menuju Lapangan Desa Tangga yang menjadi lokasi Sosialisasi Program Pembangunan yang telah direalisasikan di kecamatan Monta.

Menurut Bupati, pada tahun anggaran 2014, pembangunan telah berjalan baik dan mudah-mudahan pada tahun 2015 juga dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Terkait penyelenggaraan pembangunan, "Eksekutif melaksanakan APBD sesuai dengan amanat Undang-undang dan bagi pemerintah daerah, BBGRM merupakan wahana untuk melakukan evaluasi kegiatan di tingkat Kecamatan dan desa.

Menyinggung realisasi pembangunan selama setahun terakhir, Bupati memaparkan di hadapan undangan Sosialisasi, tahun 2014, kecamatan Monta mendapat alokasi anggaran Rp. 9,21 milyar yang menyebar pada sejumlah proyek/kegiatan. 

Di bidang infrastruktur, melalui Dinas PU, terdapat peningkatan jalan desa Monta Dalam Rp. 3 milyar, peningkatan ruas jalan Sakuru-Ngali, jalan ekonomi Simpasai, pembangunan deker jalan ekonomi, rehab jembatan Desa Diha, Peningkatan Jalan Daerah Irigasi (DI) Peto-Sondo, DAM Mangge Anco, Bronjong Sungai, rehab DAM, peningkatan DAM Parit So Oi Mada Simpasai, rehab DAM Parit Pela dan DAM Lelu desa Pela serta pembanguna air bersih berbasis masyarakat (PAMSIMAS) di Tolotangga dan Tangga Baru.

Infrastruktur publik lainnya di Kecamatan Monta adalah pembangunan kantor UPT. BPPKB, gudang pangan dan lantai jemur, Pos Penyuluh pertanian, rehab embung dan pembangunan Jalan usaha tani.
Selain itu, alokasi anggaran juga diarahkan untuk pembangunan TK Simpasai, pagar SMP, rehab SDN, rehab ruang kelas SDN, Pembangunan SMK Negeri 8, pembelian peralatan Laboratorium dan buku perpustakaan SMK. Demikian halnya pada bidang keagamaan, Pemerintah Daerah mengalokasikan dana Rp.420 juta bagi pembangunan dan rehabilitasi masjid dan mushalla di kecamatan Monta.

Bupati Bima H. Syafrudin beserta Ketua TP. PKK Hj. Rustinah H. Syafrudin dan para pejabat teras lingkup Pemkeb Bima yang melakukan sosialisasi seusai mengantar dan melayat jenazah warga di desa tangga menyampaikan penghargaan atas partisipasi warga. "Terima kasih atas partisipasi dan dukungan masyarakat Monta, sehingga seluruh tahapan BBGRM di kecamatan Monta berjalan sesuai yang diharapkan. Menurut Bupati partisipasi masyarakat ini penting sebab Pemerintah tidak bisa sendirian melaksanakan pembangunan, tetapi memerlukan dukungan masyarakat'. kata Bupati

Sebelumnya, Camat Monta Drs. Ruslan H. Musa dalam pengantarnya menyampaikan bahwa penundaan safari BBGRM Pemerintah Kabupaten Bima di kecamatan Monta karena Bupati Bima menyelesaikan tugas ke luar daerah yang tidak bisa diwakilkan.

Berkaitan dengan keberhasilan gotong royong Bupati bersama masyarakat pada desa-desa di Monta, Camat Monta menyampaikan terima kasih atas bantuan dan dukungan warga".

Pada kesempatan Sosialisasi BBGRM di lapangan Desa Tangga, Bupati H. Syafrudin melakukan penyerahan bantuan dari Dinas Koperasi dan UMKM yang bersumber dari dana APBD II berupa 1 set peralatan tata boga (1 panci,1 dandang,1 wajan,1 kompor hock) kepada Juraidah desa Monta.

Selanjutnya melalui Kantor Penanaman Modal Daerah (KPMD) bantuan berupa 160 stup/kotak bibit koloni lebah madu "Apis Trigona" senilai Rp.54 juta kepada kelompok budidaya lebah madu "Madu Cempaka" desa Pela yang diterima secara simbolis oleh ketua kelompok Nurul Yakin.

Selain itu, Bupati juga menyerahkan mesin pompa air dri Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura kepada Mansyur,S.Sos ketua Kelompok Tani Insan Cita desa Sakuru. (humas, 03, 01).

No comments:

Post a Comment