text-align: left;"> KAMPUNG MEDIA "JOMPA - MBOJO" KABUPATEN BIMA: Beberapa Siswa Pingsan Saat O2SN
Info

SELAMAT DATANG

Di Kabupaten Bima, Komunitas Kampung Media pertama yang dibentuk yakni, JOMPA MBOJO. Pasca dikukuhkan di Kantor Camat Woha pada tahun 2009, Kampung Media JOMPA MBOJO secara langsung membangun komunikasi dengan DISHUBKOMINFO Kab. Bima. Pada Jambore Kampung Media NTB (15/9/2012), JOMPA MBOJO mendapatkan penghargaan pada kategori “The Best Promotor”, yang merupakan penilaian tentang peran serta Pemerintah Daerah dalam menunjang segala kegiatan Komunitas Kampung Media, dan juga dinobatkan sebagai DUTA INFORMASI.

Sekilas Tentang Admin

Bambang Bimawan, tapi biasa dipanggil Bimbim.

Saturday, 14 March 2015

Beberapa Siswa Pingsan Saat O2SN

Dalam rangka membina dan mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM), Dinas Pendidi-kan Pemuda dan Olahraga menyelenggarakan Olimpiade Sains (O2SN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri yang ada di Kabupaten Bima yang digelar di SMAN 1 Palibelo.

Menyambut O2SN, tiap sekolah mengutus 3 muridnya untuk berlaga cerdas pada masing-masing Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Matematika. Tidak mau teledor, tiap sekolah menyatakan, bahwa murid yang diutus adalah juara di masing-masing Mapel.

 Total peserta  yang meramaikan O2SN kali ini berjumlah 473 orang. Dengan rincian, IPA sebanyak 175 orang, IPS 105. Sementara IPA dan Matematika diikuti 157 peserta.

Nurul Izmi, salah seorang peserta dari SMPN 2 Palibelo jurusan IPA yang ditemui di tempat kegiatan, mengatakan bahwa soal yang diujikan berjumlah 80 nomor. “Saya yakin soal sebanyak 80 nomor, hanya 50 persen yang saya kira benar,” polosnya.

Lain Izmi, lain pula Muhammad Salahuddin. Siswa SMPN 4 Woha jurusan Matematika ini mengatakan bahwa soal Matematika hanya 45 nomor. 35 nomor pilihan ganda dan 10 nomor essay. “Saya dengan keyakinan saya bahwa apa yang saya kerjakan dalam soal baik soal pilihan ganda maupun soal essaynya kira-kira 75 persen benar adanya,” ujarnya optimis.

Mewakili jurusan IPS, Asyifa Atma, murid SMPN 2 Woha, mengatakan, dari 80 soal yang dikerjakannya, ia yakin 75 % benar.

Sementara Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Dikpora Kabupaten Bima, Amiruddin, S.Pd.M.Si, usai kegiatan, berharap para peserta mampu meyelesaikan soal di O2SN kali ini. Agar para peserta nantinya akan dilagakan kembali di O2SN Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), April 2015 mendatang.

Lanjutnya, kegiatan ini rutin dilakukan tiap tahunnya agar pihak yang berwenang dengan dunia pendidikan dapat mengukur kemajuan pendidikan dan sejauh mana kinerja Dewan Guru dalam menunanikan tugasnya.

Sayangnya, O2SN kali ini diwarnai dengan adanya beberapa murid yang pingsan. Salah seorang guru yang enggan dipublikasikan namanya menyesalkan kejadian tersebut. “Harusnya panitia O2SN menyediakan tim medis untuk mengantisipasi hal itu.” Sesalnya.

Diduga, penyebab dari pingsannya beberapa murid disebabkan murid tidak sempat sarapan dan terlambat diberi snack (makanan ringan) oleh panitia. Karena tidak disiagakannya Tim Medis, peserta yang pingsan harus ditangani seadanya oleh masing-masing guru pendamping. (Adn)

No comments:

Post a Comment