text-align: left;"> KAMPUNG MEDIA "JOMPA - MBOJO" KABUPATEN BIMA: Wabup Dahlan: Ruang Inspirasi, Penting Untuk Bangkitkan Motivasi
Info

SELAMAT DATANG

Di Kabupaten Bima, Komunitas Kampung Media pertama yang dibentuk yakni, JOMPA MBOJO. Pasca dikukuhkan di Kantor Camat Woha pada tahun 2009, Kampung Media JOMPA MBOJO secara langsung membangun komunikasi dengan DISHUBKOMINFO Kab. Bima. Pada Jambore Kampung Media NTB (15/9/2012), JOMPA MBOJO mendapatkan penghargaan pada kategori “The Best Promotor”, yang merupakan penilaian tentang peran serta Pemerintah Daerah dalam menunjang segala kegiatan Komunitas Kampung Media, dan juga dinobatkan sebagai DUTA INFORMASI.

Sekilas Tentang Admin

Bambang Bimawan, tapi biasa dipanggil Bimbim.

Thursday, 21 April 2016

Wabup Dahlan: Ruang Inspirasi, Penting Untuk Bangkitkan Motivasi

Membentuk anak didik yang berkarakter bukan suatu upaya yang mudah dan cepat. Namun hal tersebut memerlukan ikhtiar berkelanjutan dan dibarengi refleksi yang mendalam untuk membuat satu keputusan yang harus ditindaklanjuti dengan tindakan nyata di masing-masing sekolah.

Demikian ungkap Wakil Bupati Bima Drs. Dahlan M Noer Rabu (20/4) saat menyampaikan arahan pada pembukaan Kegiatan “Ruang Inspirasi dan berbagi pengalaman tingkat SD ”Dalam Mewujudkan Pendidikan Yang RAMAH, berkarakter, berbudaya, bermutu dan bermartabat jajaran Dinas Dikpora Kabupaten Bima di Paruga NaE Bolo. Di hadapan 1.000 peserta yang terdiri dari kepala UPT Dinas Dikpora, 20 Pengawas, 550 siswa kelas VI SD dan 430 orang guru Se-Kabupaten Bima, Wakil Bupati memberikan apresiasi atas penyelenggaraan ruang inspirasi yang berawal dari kelas inspirasi program Ingonesia Mengajar (IM),dan kegiatan ini merupakan kegiatan pertama yang diharapkan dapat terus berlanjut.

Pada kesempatan yang juga dihadiri Wakil Ketua DPRD kabupaten Bima H. Syamsudin, SH, Ketua Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi NTB Drs. H. Muh. Irfan, M.M, Unsur FKPD, Kadis Dikpora Kabupaten Bima Tajudin SH, M.Si dan para kabid, Camat Bolo Muslimin S.Sos, 
 
Wabup menjelaskan bahwa di dalam membangun pendidikan berkarakter, peran guru merupakan salah satu faktor yang sangat penting guru yang baik adalah melulu berkarisma dan memberikan motivasi dan inspirasi kepada muridnya . Oleh karena itu kata Wabup Dahlan, para pendidik harus menguasai dimensi tugas pokok dan memahami bahwa orang bisa berprestasi karena ada inspirasi yang melandasinya”. Jelas Wabup Dahlan.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bima Tajudin SH, M.Si dalam pengantarnya mengatakan “pendidikan di Kabupaten Bima akan dapat berkembang dengan baik apabila memiliki kualitas yang dilandasi pemikiran baru, dan adanya ruang inspirasi.

Menyinggung kegiatan ruang inspirasi ini, “gagasan dibalik ruang inspirasi ini berawal dari kelas inspirasi yang digagas oleh pengajar muda yang bergabung dalam program Indonesia Mengajar (IM) yang pada tahun 2016 telah memasuki tahun ke-5. Tajudin menambahkan jika pada tahun 2015 kegiatan ruang inspirasi ini sasarannya adalah murid SD maka pada tahun 2016 Dinas Dikpora Kabupaten Bima akan mengkolaborasikan gagasan Indonesia mengajar akan diperluas dengan melakukan perekrutan inspirator.

Pada kesempatan tersebut, selain wabup Dahlan yang memaparkan pengalaman “Aku Cinta Indonesia Dalam Perspektif Perbandingan Cara Belajar Dari Berbagai Negara, inspirator akan memberikan motivasi kepada para siswa SD, Hj. Indah Dhamayanti Putri yang saat ini menjabat Bupati Bima akan menyajikan materi tentang pendidikan karakter dalam menapaki keberhasilan belajar siswa/guru untuk meraih cita-cita (pengalaman karir pribadi sehingga meraih keberhasilan seorang Bupati).

Selain itu inspirator lainnya yang akan menyajikan materi adalah Wakil Ketua DPRD, Dandim 1608/Bima, Kapolres, Kepala LPMP NTB dan beberapa narasumber lainnya. (humas 01)

No comments:

Post a Comment